Rabu, 23 Januari 2013

kisah qania da kejadian kutu


Sore tadi setelah mandi sore, sambil menyisir rambutnya, kakak qaniyah yang selalu penuh dengan pertanyaan mulai bertanya lagi dan lagi, tentang kutu, ya kali ini aku akan diserang bertubi-tubi pertanyaan qania,
,, “ummi.. dulu itu saya waktu kecil, langsung ada kah kutu di kepalaku??”
“oh tidak nak.. dulu kepala ta’ bersih nak…” jawabku
“tapi kenapa pale sekarang bias ada itu kutu di kepalaku???bagaimana bias ada?? Mimic mukanya mulai berubah, ekspresi kebingungan,
“kutu itu nak pindah dari kepalanya orang yang ada kutunya, nah pas kakak tidur didekatnya, pindah de kutunya ke rambut kakak”, jawabku sekenanya, sembari melanjutkan beres2 rumah yang dari tadi tertunda,
“Tapi ummi, bayangkanki dulu,semua orang waaktunya tidak ada itu kutu,belum ada orang baku pindai-pindai,darimana itu kutu yang paling pertama ??”
Tuing,tuing, tuing pertanyaan kakak mulai berat ini.
Saya mulai berfikir,kira2 apa yang akan saya jelaskan,,“ hmmmm, begini kakak,” saya berhenti menyapu, kemudian mengambil posisi duduk tepat mata kami beradu, “simple aja kakak… kakak, ingat tidak kisah penciptaannya nabi adam dan hawa??”segala sesuatu didunia ini awalnya tidak ada,tapi dengan ke Maha Kuasaan Allah, Allah tinggal bilang Kun, Fayakun.maka segala yang telah tertulis di Lauhil Mahfuz, menjadi ada.termasuk kutu itu,”jelas saya, menerangkan yang sebenarnya.
“owh….. begitu ummi di’… “eh tapi ummi,kenapa memangkah Allah ciptakan itu kutu.. ih, tidak adaji lagi gunanya…isap2ji darahnya kepalata’, kasi benjol2ji kepalata’.. biar sudah dikasi hilang, selalukembali lagi di kepala,nagangguki’ belajar, kurasa saya tidak adaji gunanya". kakak sudah mulai berargumen sendiri.
saya cukup hati2 menjawab pertanyaan2 kakak, tidak boleh asal menjawab,karna sangat sering menjebak.
"hmmm, kakak... untuk soal yak ada yang satu ini, sebenarnya kakak tidak boleh bilang begitu", saya memberitahunya bahwa seluruh yang telah di ciptakan Allah tidak ada yang sia-sia.semuanya punya manfaat, walaupun mgkn untuk saat ini kita blum tau' nak,tapi kan Allah itu luas ilmunya."
qania masih memegang sisirnya,,,wajahnya masih berpikir keras."ummi..cobaki bede sebutkan ap manfaatnya kutu,,kalau ada?? kakak mulai mengujiku. hehehe
"ummmm... nah coba pale kakak pikirkan, itu kutu kan mengganggu, makanya didirikanmi pabrik obat untuk basmiki itu kutu.nah disitu kan banyak yang bekerja,, karna ada itu pabrik anakku' mereka dapat gaji, untuk belikanki makanan dan pakaian anak samaistrinya kodong.jadi seandainya kutu tidak ada, apami kodong nakerja itu bapak2?betul tidak??? saya mencubit pipinya.kemudian melanjutkan pekerjaan saya.meninggalkannya masih dengan rancangan beberapa pertanyaan lagi yang akan di tanyakannya.
adddeeh.. tapi kalau Qaniyah dibati-bati, tidak ada pekerjaan jadi,semua akan di tanyakna.
"ummmi... " suara teriakannya yang menandakan si kakak belum puas.
"tunggu abi ta' nak.."nanti sisanya abi yang jawab di...." saya berlalu ke belakang.. memenuhi hati saya dengan penuh kesyukuran atas nikmat Qaniyah, yang Dia Titipkan pada kami.
Allahu Rabbi pimpinlah kami mendidiknya... Allahumma Amin..

0 komentar:

Posting Komentar

wah,, makin rajin posting,, mablous! mablous! heheh


template blog yang dulu Q ganti jeng... terlalu gelap. ni kan cerah... gmana? suka? kamu banget kan? heheh..
silahkan tinggalkan komentar di blog Q, tuh dah Q pasang di BACAANKU JUGA, "prosa hidup", smoga makin rajin nulis..
_ophy cantik..



Bukan sekedar kata, tapi nyata dan mimpi yang kurajut, menjadi udara dalam rumah cinta ku, menghidupkan kenangan di tiap ruangnya.